Business Games & Field Trip Pendidikan Pembekalan Calon Mantri

 

Materi business games dan field trip sebagai salah satu materi pendidikan pembekalan calon Mantri BRI Unit bertujuan untuk melatih siswa dalam proses prakarsa dan proses kredit dan pembinaan nasabah di unit kerja. Materi dilaksanakan secara praktek/simulasi komprehensif terhadap proses prakarsa kredit dan pembinaan nasabah mikro yang diasumsikan dapat memberikan gambaran kondisi unit kerja sesungguhnya. Dalam praktek field trip, siswa dibagi dalam bebrapa kelompok (maksimal 3 orang/kelompok) dan ditugaskan untuk mengunjungi nasabah dengan kategori/kolektibilitas Lanca, DPK dan Menunggak. di BRI Unit .Selain  bertujuan untuk proses belajar, praktek field trip diharapakan juga dapat menggali informasi lain yang dapat digunakan sebagai rekomendasi terhadap unit kerja pemberi kredit terhadap kondisi nasabah tersebut. Praktek fieldtrip tersebut dikondisikan seperti halnya kondisi di unit kerja yang dihadapi nantinya setelah penempatan.

Sangat menarik ketika siswa mempresentasikan hasil praktek field trip di ruang kelas dengan tim penguji Asisten Manager Bisnis Mikro (AMBM) di unit kerja tempat praktek. Informasi - informasi lain terhadap kondisi nasabah sebenarnya menjadi terungkap dalam prensentasi tersebut. Beragam kondisi nasabah dan unit kerja BRI menjadi ilmu/wawasan baru bagi siswa. Sebagai contoh; terdapat unit kerja tempat siswa field trip dengan keragaan usaha yang sangat bagus dimana NPL 0% selama satu tahun pembukaan unit kerja. Pertanyaa kemudian berkembang ketika beberapa siswa menyangsikan kondisi tersebut dan mengajukan pertanyaan bagaimana unit kerja tersebut dapat mempertahankan kinerjanya dengan luar biasa tersebut. Personel BRI Unit tersebut (Kaunit sebagai pemimpin unit kerja dan Mantri sebagai pemrakarsa kredit) tentunya mempunyai trik dan tips yang patut dicontoh oleh unit kerja lainnya, dan personel yang bertanggungjawab dalam prakarsa kredit tersebut tentunya pantas dihadirkan sebagai nara sumber inspiring stories on business and leadership.

Demikian pentingnya kerjasama antara Sentra Pendidikan dengan unit kerja operasional dalam upaya membekali dan mempersiapkan siswa / calon pekerja sebelum terjun ke unit kerja sesungguhnya.